Sabtu, 02 April 2011

Web Analist dan Ciri bagusnya tidaknya sebuah web

Menentukan tujuan mungkin merupakan hal yang paling penting dalam langkah pembangunan website. Sayangnya, tujuan juga merupakan hal yang paling sering dilewatkan dalam pembangunan website. Dengan tujuan yang jelas dan terukur, anda dapat menentukan apakah pembangun website yang dilakukan berhasil atau tidak.

Ciri-ciri Web tersebut itu bagus atau tidak,setidaknya ada 10 ciri,yaitu:

  1. Peta Site (Site Map)

Susunan halaman Web yang teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pembaca. Untuk mendapatkan "output" yang menarik disarankan untuk membuat site-map yaitu "outline" bagi halaman Web dengan menunjukkan ide dan topik besar bersama-sama dengan subtopik yang terkandung di dalamnya. Peta Site ini juga memaparkan struktur hierarki untuk Website. Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pembaca untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka. Para pengunjung pasti akan kembali ke halaman Web jika web tersebut dapat memenuhi apa yang diinginkannya.

  1. Navigation Bar

Navigasi yang konsisten sangat perlu untuk setiap halaman Web. Biasanya Navigation bar diletakkan di atas setiap halaman Website dan hendaklah konsisten antara satu muka dengan muka yang lain. Tidak kurang juga Navigation berada di sebelah tepi suatu halaman Web. Terdapat juga halaman Web yang membagi website mereka menjadi dua bagian: satu mengandung Navigation bar dan satu lagi mengandungi isi kandungan yang hendak disampaikan. Rekabentuk seperti ini menetapkan Navigator pada kedudukan asal walaupun batang Navigation berlainan ditekan. Navigation bar yang digunakan tidak hanya berupa text saja. Penggunaan grafik akan menampakkan sesuatu halaman Web itu lebih cantik dan menarik. Tidak tergantung menggunakan teks atau grafik yang penting ialah, setiap navigation bar itu perlu mewakili link-link tertentu dengan jelas dan tidak menyesatkan pembaca. Sebagai tambahan masukkan navigasi "back" dan "foward" ataupun "previous" dan "next" untuk menyenangkan pembaca.

  1. Tampilan profil

Jangan heran jika kadang-kadang halaman Web tidak mengandungi tampilan tentang siapa mereka dan bagaimana cara pembaca boleh menghubungi mereka. Lebih mengherankan jika halaman Web "misteri" itu terdiri dari mereka yang terlibat di dalam penjualan produk atau perdagangan. Pembaca tentu lebih berminat malah merasa lebih terjamin mengetahui tentang individu di belakang layar. Pastikan terdapat link di dalam halaman Web yang membolehkan pembaca mengirimkan e-mail. E-maill saja tidak cukup. Pastikan kita memiliki cara-cara lain seperti ruangan komen (feedback) untuk pembaca terhubung dengan kita (memasukkan nama dan alamat surat menyurat).

  1. Ruang Komen

Ruangan komen membolehkan pembaca meminta pendapat yang diperlukan secara "online" dan tidak perlu menyalin nomor telefon dan menghubungi kita. Kita juga tidak perlu pusing kepala melayani pemanggil-pemanggil. Sebaliknya kita hanya perlu menjawab sembarang pertanyaan melalui email ataupun surat. Bukan hanya tempat mendapatkan informasi, ruangan ini juga bertindak sebagai alat untuk memperbaiki sembarang kelemahan yang terdapat di dalam halaman Web. Informasi-informasi di dalam halaman Web dapat dilengkapi berdasarkan komen-komen dari pembaca.

  1. Kesederhanaan Kata untuk Informasi

Pembaca berharap untuk memperoleh informasi yang diinginkan apabila berkunjung ke suatu halaman Web. Kita harus membina halaman Web yang dapat memberikan pembaca apa yang mereka inginkan. Gunakan kata-kata yang ringkas untuk menarik pembaca tanpa membebani mereka dengan perkataan-perkataan yang susah. Jika perkataan-perkataan saintifik perlu digunakan, sediakan juga maksud perkataan tersebut. Informasi yang lengkap akan menarik pembaca untuk kembali berkunjung ke halaman Web.

  1. Persoalan Umum (FAQ - frequently asked question)

Kita mungkin berhadapan dengan persoalan-persoalan yang sama dari pembaca-pembaca yang berlainan. Dengan mewujudkan ruangan FAQ, kita dapat menghemat waktu untuk menjawab persoalan yang sama berulang-ulang, dan sekaligus menyenangkan pembaca-pembaca lain dengan menyediakan jawapan bagi persoalan yang akan ditujukan kepada kita. Kebanyakan halaman Web yang mengandung ruangan FAQ ini, biasanya akan menampilkan persoalan-persoalan popular di bagian atas tampilan dengan membuat link untuk jawaban-jawabannya. Pembaca hanya perlu meng-klik pada masalah tersebut, dan mereka akan dihubungkan dengan jawaban masalah yang bersangkutan.

  1. Grafik

Teknologi terkini internet mengizinkan bukan saja teks malah grafik dipamerkan di dalam halaman Web. Hal ini akan memperlihatkan keceriaan di dalam halaman Web dan membuatnya sekaligus tampak menarik. Pilihlah gambar yang dapat meyampaikan maksud dan tidak membebani. Buatkan gambar yang kecil dan "fast-loading" karena pembaca tidak suka menunggu terlalu lama agar suatu tampilan muncul kesemuanya. Untuk mengoptimakan gambar, gunakan gambar di dalam format 16-color. Menggunakan ikon dan gambar yang kecil dan relevan adalah pilihan terbaik terutama pada navigation bar. Grafik bagi navigation bar akan muncul di setiap tampilan halaman Web untuk membolehkan proses load setiap tampilan lebih cepat dengan adanya cache. Kita juga boleh merancang memberi pilihan kepada pembaca yang ingin membaca halaman Web di dalam versi teks saja untuk menghindari kelambatan.

  1. Mekanisme Pencarian

Memasukkan mekanisme pencari di dalam halaman Web dapat membantu pembaca. Pembaca hanya perlu memasukkan perkataan yang dicari untuk mendapatkan tampilan di dalam halaman Web yang mengandung perkataan tersebut. Pembaca akan berterima kasih jika halaman Web yang besar mempunyai elemen ini. Peralatan pencari senang untuk di"maintain" sebaiknya ia di"install" ke dalam server Web. Ia secara otomatis akan meng-up-date segala data pencari. Terdapat mesin-mesin pencari yang memberi pelayanan menggunakan teknologi tersebut.

  1. Tampilan Berita

Halaman Web yang baik senantiasa memberikan berita terkini kepada pembaca. Kita boleh menggunakan teks ataupun ikon "New" untuk memberitahu pembaca tentang informasi terbaru yang telah kita masukkan ke dalam halaman Web. Kita juga boleh memberikan satu tampilan khas untuk menyampaikan berita-berita terbaru. Setelah berlalu satu jangka waktu yang ditetapkan kita perlu untuk memindahkan informasi yang bersangkutan ke dalam kategori yang sesuai dan menggantikannya dengan berita yang baru. Untuk menyenangkan pembaca, sertakan waktu terakhir meng-up-date halaman Web. Pembaca tentu ingin tahu apakah berita terkini kita merupakan berita yang benar-benar terbaru ataukah sudah lapuk. Tetapkanlah satu jangka waktu setiap minggu atau dua kali seminggu untuk meng-up-date halaman Web.

  1. Link yang relevan

Salah satu komponen utama Website ialah koleksi link dengan Web-site lain yang berhubungan. Suatu halaman Web yang bagus ialah halaman Web yang menawarkan link ke halaman Web lain yang merujuk kepada topik yang sama. Kita boleh menawarkan bukan sekedar link saja, malah kita boleh memberikan ringkasan apa yang terkandung di dalam link Web-site tersebut kepada pembaca. Ini menyenangkan pembaca untuk memilih halaman Web yang mempunyai topik yang diinginkan.

Setelah Web tersebut dibuat dan mulai digunakan,ada sesuatu yang bertugas untuk memonitor tentang kinerja Web tersebut,dan itu merupakan tugas dari Web analis.

Web analisis seperti sebuah termometer untuk website.,Web analisis merupakan alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna website Anda. Tanpa web analisis kita bagaikan berjalan di tempat gelap, tanpa tujuan dan arah yang jelas. Kita tidak dapat mengukur efektifitas dari program online marketing yang kita miliki tanpa menggunakan web analisis.

Website yang kurang baik mendukung bisnis jelas akan mengurangi Return on Investment (ROI) dari website tersebut, atau lebih buruk lagi akan merusak brand yang anda bangun. Untuk dapat mendukung bisnis secara efektif, sebuah website harus secara terus menerus meningkatkan layanannya, strategi marketing online, sistem Navigasi, isi website dan bagian-bagian lainnya yang terkait. Tetapi, sebelum dapat melakukan perbaikan, kita harus mengetahui bagian mana dari website yang telah dibangun yang perlu diperbaiki.

Analisa dasar yang dapat dihasilkan dari sebuah web analisis antara lain:
- Berapa jumlah pengunjung website anda per hari
- Berapa rata-rata “conversion rate” website anda (sales, registration, download dan lain-lain)
- Halaman yang paling banyak dikunjungi
- Rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di website anda
- Seberapa menarik halaman web anda, apakah pengunjung melihat halaman lain di website anda atau hanya melihat satu halaman dan keluar dari website anda.

Angka-angka tersebut merupakan dasar untuk meningkatkan pemahaman Anda mengenai pengunjung website. Lebih lanjut kita perlu memikirkan:
- Seberapa besar nilai pengunjung website anda
- Seberapa besar nilai dari halaman-halaman website anda
- Apa yang dilakukan pegunjung lama dibandingkan dengan pengunjung baru
- Bagaimana perbedaan yang dilakukan pengunjung yang berasal dari campaign yang berbeda
- Apakah website anda cukup menarik bagi para pengujung
- Halaman apa yang menarik dan halaman apa yang kurang menarik

Untuk peningkatan bisnis, analisa yang perlu dilakukan menyangkut
- Produk apa yang menjadi trend pada saat ini
- Media mana yang lebih baik digunakan untuk mendukung website anda, koran, tv, social media dll
- Berapa besar budget yang layak untuk mendukung promosi website anda, dikaitkan dengan nilai pengunjung website
- Perbandingan jumlah “registered user” dengan nilai transaksi rata-rata

*referensi By:

http://aferai.multiply.com/journal/item/9

http://blog.midas-solusi.com/2010/08/web-analisis-mendukung-strategi-website/#more-104

Tidak ada komentar:

Posting Komentar