- DEFINISI
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau
jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai
aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM
(supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran
online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data
interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana
cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan
pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
- PERBEDAAN DENGAN BISNIS LAINNYA
- E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business
- E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet
- E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
- E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
- KEAMANAN
Beragam kasus-kasus yang muncul berkaitan dengan pelaksanaan
transaksi terutama faktor keamanan dalam e-commerce ini tentu sangat
riskan bagi para pihak terutama konsumen. Padahal jaminan keamanan
transaksi e-commerce sangat diperlukan untuk menumbuhkan kepercayaan
konsumen. Apabila hal tersebut terabaikan maka bisa dipastikan akan
terjadi pergeseran efektivitas transaksi e-commerce dari falsafah
efisiensi menuju arah ketidakpastian yang akan menghambat upaya
pengembangan pranata ecommerce.
Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet
dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti
Microsoft Internet Explorer yang bekerja sama dengan perusahaan kartu
kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet
security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang
membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan
MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit
cardnya yang menggunakan e-com.
Yang menandakan suatu e-commerce web site aman atau tidak adalah
adanya tanda khusus yang muncul di status bar di bagian bawah layar
browser. Pada IE, tanda yang muncul adalah tanda gembok terkunci di
pojok kanan status bar. Jika tanda-tanda tersebut muncul, berarti Anda
sedang ter-connect pada server yang aman.
- PRODUK
Produk yang diperjual belikan pada E-Commerce ini sudah banyak sekali,mulai dari perangkat elektronik, binatang peliharaan, obat-obatan maupun rumah ataupun tanah, hampir semua barang yang bisa dijual belikan dapat dipasarkan dengan melalui pemasaran Elektronik ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar